Cara Tukar Uang Baru untuk Lebaran Lewat Aplikasi Pintar BI

KALDERA-NEWS, Idul Fitri atau Lebaran 2022 tinggal sebulan lagi, tetapi tidak ada salahnya jika ingin mempersiapkannya sejak hari ini. Salah satunya mempersiapkan stok uang baru untuk dibagi-bagikan kepada keluarga atau kerabat. Tidak perlu menukar di jasa penukaran uang yang biasanya muncul mendekati hari Lebaran atau datang dan antre di bank. Anda bisa menukar uang baru lewat layanan kas keliling BI atau aplikasi Pintar di https://pintar.bi.go.id.

Kas keliling

Berdasarkan informasi di laman resmi Pintar Bank Indonesia, kas keliling adalah layanan penukaran uang Rupiah kepada masyarakat yang dilakukan di luar area kantor BI. Hal ini bertujuan supaya masyarakat semakin mudah memperoleh uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan sesuai. Jadwal dan lokasi kas keliling selengkapnya dapat dicek di tautan berikut ini. Bagaimana caranya memesannya?

Cara tukar uang baru via aplikasi Pintar BI

Berikut ini adalah cara menukar uang baru melalui aplikasi Pintar Bank Indonesia: Masuk ke laman Pintar di https://pintar.bi.go.id ilih menu Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling Pilih provinsi yang akan menjadi lokasi penukaran yang diinginkan Akan ditampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih Isikan data pemesanan yang meliputi: NIK KTP Nama No telepon Email Mengisi jumlah lembar/keping uang Rupiah yang akan ditukarkan. BI menyediakan uang pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Masyarakat bisa menukar Rupiah dengan ketentuan 100 lembar untuk tiap pecahan uang. Misalnya Rp 100.000 untuk mendapatkan 100 lembar pecahan Rp 1.000, Rp 200.000 untuk mendapatkan 100 pembar pecahan Rp 2.000, dan seterusnya. Jika Anda ingin menukar masing-masing 100 lembar pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000, maka total Rupiah yang harus Anda siapkan senilai Rp 3.800.000. Centang tanda konfirmasi Lakukan pemesanan untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling Pemesanan ini dapat dilakukan H-7 sebelum jadwal kas keliling dibuka. Di setiap pelaksanaan kas keliling, ada kuota yang telah ditentukan. Jadi, jika kuota di satu kas keliling dinyatakan telah habis, Anda bisa mengakses kas keliling di lokasi dan waktu yang lain. Terakhir, satu NIK dapat melakukan penukaran lebih dari satu kali, dengan catatan penukaran pertama telah diselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *