4 Hal yang Perlu Disiapkan Pebisnis untuk Sambut Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi pebisnis merupakan salah satu bulan yang dinanti. Apalagi jika sedang menjalankan bisnis seperti fashion, aksesoris seputar Ramadhan, aneka kue, dan lainnya. Jelang bulan Ramadhan ada baiknya para pebisnis menyiapkan strategi. Persiapan perlu dilakukan agar penjualan tetap stabil bahkan mengalami peningkatan. Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis kecil-kecilan, menengah, online dan sebagainya, ada beberapa yang perlu kamu siapkan untuk menyambut bulan Ramadhan ini seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Siapkan Dekorasi Bertema Ramadhan

Momen bulan Ramadhan tentu perlu suasana yang berbeda. Siapkan dekorasi bertema Ramadhan. Kamu bisa mulai memasang banner atau poster-poster dengan tema Ramadhan hingga memasang hiasan Ramadhan, seperti bedug ataupun ketupat. Selain itu, siapkan media sosial dengan tema Ramadhan. Dengan dekorasi bertema Ramadhan, hal itu bisa kamu gunakan untuk menarik minat para pelanggan.

2. Siapkan Konten Promosi Selama Ramadhan

Momen Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk memberikan promosi ataupun tawaran yang menarik bagi pelanggan.   Ada banyak bentuk promosi yang diberikan untuk pelanggan mulai dari potongan harga, paket bundling ataupun pemberian gratis biaya kirim. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan program promosi ini dengan jenis bisnis yang sedang dibangun. Agar promosi lebih menarik, siapkan konten-konten Ramadhan seperti video, gambar, infografis, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan membangun brand image ke pelanggan. Salah satu konten media sosial yang bisa dimanfaatkan yaitu bentuk video. Usahakan video harus memiliki cerita, sehingga bisa memunculkan sisi emosional pelanggan dan bisa menarik minat produk yang kita jual. Jangan lupa juga isi pesan moral yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Jika kamu ingin menggunakan konten promosi berupa gambar, unggahlah gambar infografis ataupun gambar-gambar Ramadhan menarik lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan caption Instagram untuk memberikan keterangan-keterangan terkait gambar ataupun produk yang kamu tawarkan.

3. Menyiapkan Dana Khusus untuk THR Karyawan

Selain dekorasi dan konten promosi, jangan lupa siapkan dana THR untuk para karyawan. Perhatikanlah aturan pemberian THR yang berlaku. 

4. Menyiapkan Fisik Selama Bulan Ramadhan

Berbisnis saat bulan Ramadhan perlu kondisi fisik yang prima. Apalagi, jika kamu menjalankan bisnis sambil berpuasa.  Persiapan kondisi fisik bisa dimulai dengan mengatur pola makan, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang serta menghindari konsumsi gula yang terlalu tinggi. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup di waktu sahur, berbuka dan sebelum tidur. Makan secukupnya di kala berbuka puasa. Lakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *