10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Bisa Datangkan Cuan Tambahan

Apa saja ide bisnis di bulan Ramadhan? Ya, jangan bingung. Ada banyak peluang usaha selama bulan Ramadhan terbuka lebar.  Kamu bisa mulai menyiapkan modal untuk berbisnis di bulan Ramadhan. Tak ada kata terlambat dalam memulai usaha.  Biasanya bulan Ramadhan menjadi momen untuk mencari cuan. Banyak bisnis dadakan yang bisa mendatangkan cuan.  Berikut ide bisnis yang bisa dicoba selama bulan Ramadhan seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Takjil

Bulan Ramadhan tak lepas dari berbuka puasa. Setiap orang yang berpuasa biasanya akan mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Ya, inilah peluang usaha yang bisa kamu tangkap. Kamu bisa menjajakan makanan dan minuman yang cocok untuk berbuka puasa. Kamu bisa menjual minuman seperti es kelapa muda, es buah, kolak, dan minuman segar lainnya. Makanan yang bisa dijajakan seperti gorengan, bihun goreng, dan lainnya. Untuk lokasi jualan, kamu bisa menggunakan halaman rumah, pinggir jalan, atau bahkan ke kantor. Untuk memulai usaha, kamu bisa memulai dengan modal dari Rp300.000 hingga Rp1 juta.

2. Catering

makanan Sebelum memulai puasa, umat muslim akan melakukan sahur. Tak semua orang memiliki waktu untuk menyiapkan waktu sahur.  Inilah peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk menambah cuan. Kamu bisa menjual makanan untuk sahur dan memberikan jasa antar makanan. Usaha catering makanan untuk sahur akan memudahkan mereka yang terlalu sibuk atau tak sempat menyiapkan makanannya sendiri. Biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi tergantung pada berapa jumlahnya dan apa menunya.

3. Jualan buah

Buah salah satu asupan makanan yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap fit saat menjalankan puasa. Selain itu, buah juga disantap sebagai pencuci mulut setelah sahur maupun buka puasa. Buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah. Jadi, berjualan buah bisa jadi salah satu usaha yang menghasilkan cuan di bulan Ramadhan. Untuk bisnis ini, modalnya bervariasi tergantung dari berapa jumlah buah-buahan yang kamu ingin jual. Sedikit tips, kamu bisa langsung membelinya dari orang yang memiliki lahan buah agar mendapatkan harganya lebih murah.

4. Jualan ketupat

Kurang afdol rasanya menyantap opor tanpa ketupat. Ya, ketupat biasanya menjadi pelengkap makanan pada Hari Raya Idul Fitri.  Kamu bisa mulai menyiapkan bisnis jualan ketupat di pertengahan bulan Ramadhan. Kamu bisa berjualan kulit ketupat bahkan menjual ketupat yang siap saji.

5. Kue kering

Kue kering adalah makanan yang wajib ada ketika Hari Raya Idul Fitri. Peminat kue kering akan melonjak jelang Lebaran. Banyak orang akan membeli kue kering sebelum Lebaran. Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini untuk berjualan aneka macam kue kering seperti nastar, kastangel, bolu salju, dan lainnya. Kalau kamu jago membuat kue kering, jangan lewatkan kesempatan ini. Kamu pun bisa menjadi reseller atau dropshipper dari toko-toko kue kering lainnya.

6. Jual busana muslim dan perlengkapan shalat

Pasar Tanah Abang Blok A kembali ramai dikunjungi pembeli menjelang memasuki bulan Ramadhan pada Selasa (29/3/2022).(kompas.com/REZA AGUSTIAN ) Bulan Ramadhan lekat dengan tradisi berbelanja baju baru dan perlengkapan shalat. Nah inilah peluang usaha lainnya di bulan Ramadhan. Sebagian besar orang ingin tampil kece saat Lebaran. Biasanya busana muslim dan perlengkapan shalat yang bagus sangat dicari. Ada peluang usaha seperti menjual busana muslim yang kemba atau bermotif sama. Umumnya busana keluarga yang kembar dicari oleh keluarga. Memulai bisnis ini memang membutuhkan modal cukup besar. Modal yang dibutukan mulai dari Rp10 juta sampai Rp 20 juta untuk busana muslim dan Rp 5 juta-Rp 15 juta untuk perlengkapan shalat. Kalau gak mau keluar modal juga bisa yakni dengan menjadi reseller. Kamu bisa menjual baju muslim dan perlengkapan shalat milik orang lain, misalnya tetanggamu ada yang jadi distributor. Kemudian pemasarannya bisa door to door, atau online melalui media sosial.

7. Kembang api

Bulan Ramadhan juga tak lepas dari kembang api. Anak-anak hingga dewasa biasanya mencari kembang api jelang Lebaran. Kamu bisa memanfaatkan kegemaran masyarakat yakni bermain kembang api tersebut. Kebutuhan modal berbisnis kembang api tergantung jenis kembang api yang akan dijual.

8. Bisnis parsel

Usaha lainnya yang bisa dijalani adalah parsel. Banyak orang yang menjadikan parsel sebagai bingkisan yang dikirimkan kepada keluarga, teman, atau kolega. Jika kamu kreatif dan suka membuat parsel, itulah peluang bisnis yang ada di depan mata.  Untuk modalnya juga bervariasi disesuaikan dengan ukuran dan isi parselnya.

9. Kurma

Bukan bulan Ramadhan kalau tak ada kurma. Tak lengkap rasanya saat berbuka puasa tanpa kurma. Apalagi makan kurma saat berbuka puasa termasuk sunah Rasul. Kurma disebut asupan yang bagus untuk kesehatan tubuh dan mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian berpuasa. Kamu bisa memanfaatkan momen bulan Ramadhan dengan berjualan kurma di depan rumah, keliling komplek, ikut bazar Ramadhan, maupun lewat media sosial, atau buka toko online di marketplace. Untuk produk kurmanya, kamu dapat mengambil dari suplier atau distributor besar. Jadi reseller dengan mengambil keuntungan dari harga jual yang ditetapkan suplier.

10. Penukaran uang

Hal lain yang paling diburu di bulan Ramadhan adalah jasa penukaran uang. Biasanya, orang-orang akan menukarkan nominal besar ke nominal kecil seperti Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000. Uang yang sudah ditukar nantinya buat dibagi-bagikan ke keponakan, cucu, cicit, saudara, dan handai taulan lainnya. Setiap tahun, pasti ada penukaran uang dari Bank Indonesia (BI). Kamu bisa buka jasa penukaran uang dengan modal yang bervariasi hingga puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah. Caranya kamu tukar dulu modal kamu dengan uang kecil langsung ke BI maupun bank lain, baru deh dijual lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *