Lita Indriani

Lita Indriani

KALDERANEWS - Di masa pandemi Covid-19, menerapkan protokol kesehatan (Prokes) menjadi hal wajib. Untuk itu Prokes bisa diterapkan mulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Indah Rizky Ariani atau dikenal dengan sebutan Indah Mujyaer yang merupakan selebgram di Palembang. Ia selalu menerapkan Prokes dimulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar.

"Di rumah dan beserta keluarga besar saya sangat mematuhi protokol kesehatan, dalam hal ini khususnya adalah 3M," kata Indah yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Kemuning

Indah mengatakan, bahwa anak-anaknya juga diberikan edukasi tentang betapa pentingnya cuci tangan dan memakai masker. Bahkan jika mereka ikut keluar ke Indomaret atau Alfamart, meskipun cuma sebentar sebisa mungkin setalah sampai rumah mandi dan berganti pakaian.

"Saya menerapkan Prokes dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja untuk kebutuhan khusus misalnya dalam rangka iklan produk atau visit kunjungan saat foto dan video buka masker dulu, kalau sudah pakai lagi," kata Indah yang memiliki follower sebanyak 81 ribu lebih.

Sebagai Ketua TP PKK dan Selebgram, Indah juga aktif mengedukasi masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk menerapkan Prokes. Tak jarang ia juga membagi-bagikan masker untuk warga dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

"Kebetulan saya adalah aktivis sosial yang selalu bergerak untuk membantu banyak masyarakat yang membutuhkan. Secara berkala, saya selalu terjun ke beberapa wilayah untuk memberikan bantuan. Konsen utamanya adalah mereka yang berkebutuhan khusus, apalagi mereka yang tetap berusaha keras untuk mencari uang tidak dengan meminta minta," ungkapnya.

Untuk itulah, ia selalu menyiapkan masker kain didalam mobil dalam jumlah cukup banyak yang sampai saat ini pun selalu ready dibawa kemana-mana. Bahkan baru beberapa hari lalu ia memesan masker sebanyak 2000 pcs, untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Saya selalu memberikan masker kepada mereka sambil mengedukasi betapa pentingnya pemakaian masker di kala pandemi saat ini. Termasuk juga mengingatkan untuk mengganti maskernya 4 jam sekali dan mengedukasi menggunakan masker yang benar," Kata Indah yang juga sebagai pengusaha.

Bahkan ia tidak sungkan untuk stop di pinggir-pinggir jalan ketika melihat orang-orang yang berkesusahan, misalnya penjual koran dan lain-lain, jika mereka tidak memakai masker diberikannya masker secara gratis. Dengan tak lupa tetap sembari memberikan edukasi singkat tentang Prokes.

"Saya senang membantu orang-orang yang tidak meminta minta. Mereka berjuang dengan kerja keras, tapi tidak dengan menghinakan diri. Saya sangat senang dengan keuletan mereka mengejar rezeki tanpa meminta-minta," katanya.

Masih kata Indah, bahwa sudah sepatutnya percaya bahwa rezeki itu Allah yang punya kekuasaan untuk mengaturnya. Jadi tidak akan sampai mati karena kelaparan kalau mau berusaha.

"Jika orang yang berkebutuhan khusus saja tidak menghinakan diri mereka dengan meminta minta, lalu kenapa kita yang memiliki tubuh lengkap malas sekali untuk berusaha?. Ini saya lakukan untuk memberikan teguran pada orang-orang yang malas, apalagi kalau kerjanya hanya meminta-minta dari orang lain," cetusnya.

Menurutnya, dengan membantu orang-orang yang berkebutuhan khusus membuatnya selalu bersyukur atas kesempurnaan yang Allah titipkan. Banyak pelajaran yang saya justru dapatkan dari mereka yang diberikan kesabaran luar biasa dalam hidup.

"Untuk membantu orang lain yang membutuhkan, saya tidak pandang bulu. Saya tidak hanya membantu orang-orang muslim saja, beberapa waktu lalu saya menjenguk orang yang kerja nya adalah sebagai penjaga gereja. Bagi saya membantu itu tidak pandang bulu," katanya.

KALDERANEWS - Acer meluncurkan jajaran lengkap laptop tipis dan desktop all-in-one ke Indonesia, yang semakin powerful dengan peningkatan performa hingga 20% didukung teknologi prosesor terbaru dari Intel. Momen ini sekaligus menjadikan Acer sebagai brand teknologi pertama yang meluncurkan jajaran lengkap perangkat dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan grafis diskrit dari Intel.

Rangkaian laptop & desktop terbaru Acer dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan masa kini yang semakin beragam. Untuk pelanggan dengan beragam aktivitas mobile mereka, Acer menghadirkan Swift 5 Antimicrobial, Swift 3 Infinity 3 & Swift 3 Air 3 yang tersertifikasi platform premium Evo dari Intel. Jajaran laptop tipis ini memiliki daya tahan baterai panjang hingga 17 jam, fitur fast charging dan dukungan Iris Xe.

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan, untuk para pelanggan yang menginginkan perangkat higienis, Acer menghadirkan Swift 5 Antimicrobial dengan teknologi antimicrobial dari Acer. Content creator yang perlu berkreasi on-the-go dapat memilih Swift 3x, laptop tipis pertama di Indonesia dengan Intel Iris Xe MAX dedicated graphics, laptop tipis dengan performa grafis powerful setara laptop gaming.

“Untuk pelanggan dengan kebutuhan komputasi sehari-hari seperti misalnya sekolah daring atau WFH, Acer menghadirkan Aspire 5 Slim dalam desain yang lebih tipis dengan elevated hinged design dan komputasi visual lebih baik. Laptop ini memiliki penerimaan koneksi yang lebih baik (360 coverage) berkat Exo Amp Antenna,” jelasnya.

Bagi para pelanggan yang lebih menyukai workstation simple, Acer menghadirkan lini desktop all-in-one Aspire C Series perangkat yang berdesain ringkas, layar lebar dan upgradeable. Acer juga meluncurkan laptop yang sangat unik, Porsche Design Acer Book RS, terinspirasi dari keanggunan desain elegan Porsche dengan teknologi dari Acer.

Laptop premium limited edition ini ditawarkan secara eksklusifke pasar Indonesia. "Kami bangga sebagai yang pertama di Indonesia dalam meluncurkan jajaran lengkap laptoptipis dan desktop all-in-one terbaru dengan kekuatan 20% lebih baik, yang merupakan kolaborasi dari inovasi kelas dunia Acer dengan prosesor Intel generasi terbaru. Desain, teknologi, dan inovasi yang ada pada rangkaian produk yang diperkenalkan kali ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin beragam, sekaligus menawarkan solusi yang tepat untuk masing-masing kebutuhan yang berbeda tersebut,”ujarnya.

Ia mengatakan, Intel meluncurkan prosesor Intel® Core ™ Generasi ke-11 dengan grafis Intel® Iris® Xe, prosesor terbaik di dunia untuk laptop tipis dan ringan, memungkinkan performa hingga 2,7 kali lebih cepat untuk content creation, meningkatkan produktivitas kantor hingga lebih dari20%, dan pengalaman bermain game dan streaming lebih cepat hingga dua kali lipatdalam dunia nyata melalui produk yang bernilai kompetitif. Peningkatan performa ini memungkinkan pelanggan untuk berkreasi dan memenuhi produktivitas sehari-haridengan perangkat yang dapat diandalkan.

Theresia Hanydawati, Head of Consumers Products Acer Indonesia menuturkan, “Beda pelanggan beda pula kebutuhannya. Inilah yang menginspirasi Acer untuk menghadirkan rangkaian produk baru dengan jaminan performa kelas Intel dan fitur khas masing-masing. Seperti melalui Swift 3X yang mampu sajikan performa grafis sekelas laptop gaming dengan Intel® Iris® Xe MAX pertama di Indonesia, Swift 5 Antimicrobial yang unggul dengan lapisan antimikroba dan daya tahan baterai panjang hingga 17 jam, serta laptop hasil kerja sama kami dengan brand ternama dunia, Porsche Design Acer Book RS yang menggabungkan titik tertinggi kemewahan dan performa.

KALDERANEWS- Ratusan pengurus dan Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) periode 2020-2025 dari 10 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Minggu (6/12/2020) malam secara resmi dilantik secara langsung oleh Ketua Umum KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang. 
 
Adapun pengurus dan Ketua KADIN 10 Kabupaten/Kota periode 2020-2025 yang dilantik yakni diantaranya dari Lubuklinggau, Banyuasin, OKU, Mura, Palembang, Muba, Empat Lawang, Prabumulih, OKU Selatan, dan Muaraenim. 
 
"Selamat mengemban amanah baru kepada pengurus dan Ketua KADIN di periode 2020-2025," ucap Ketua Umum KADIN Sumsel, Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. 
 
Bupati Muba ini menambahkan, meski masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 namun usai pelantikan ini pengurus KADIN di Sumsel harus tetap maksimal dan optimal memberikan kontribusi positif kepada warga dan masyarakat di Sumsel. 
 
"Dalam kesempatan ini pula saya mengajak seluruh pengurus KADIN Kabupaten/Kota di Sumsel untuk maksimal turut andil memulihkan perekonomian di Sumsel di masa pandemi COVID-19 saat ini," ujar Peraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif di Indonesia tersebut. 
 
Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi KADIN Sumsel, H Affandi Udji menyebutkan saat ini terdata ada sebanyak 2 ribu lebih anggota yang tergabung dalam KADIN di Sumatera Selatan.
 
"Anggota KADIN di Sumsel ini terus bertambah, terlebih semenjak 5 tahun belakangan ini dibawah kepemimpinan Ketua Umum KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA," ungkapnya.
 
Lanjutnya, 10 perwakilan pengurus KADIN Kabupaten/Kota yang dilantik ini juga akan menjadi peserta Musyawarah Provinsi (Muprov) KADIN Sumsel ke-VII yang akan dilaksanakan Senin 7 Desember 2020. 
 
"Kita berharap agar pelaksanaan Muprov KADIN ke-VII nantinya berjalan lancar dan KADIN Sumsel dapat kembali dipimpin oleh sosok yang pemimpin cerdas dan nyata membawa kemajuan KADIN Sumsel," tandasnya. 
 
Turut hadir dalam rangkaian Pelantikan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan Periode 2020-2025 yakni diantaranya Anggota DPRD Sumsel Fatra Radezayansyah, Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Plt Kadispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MM, dan Plt Kabag Protokol Muba Rangga Perdana Putera SSTP MSi.
 
KALDERANEWS - Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi menghimbau kepada masyarakat agar lebih menggali lagi potensi-potensi yang ada di Bumi Serasan dalam konteks ketahanan pangan, menuju Muba berdaulat pangan.
 
Hal ini disampaikan Wabup Muba pada acara Lauching Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) Muba melalui Program Kemitraan Disektor Urban Farming
dari Kemang Farm, di Dusun IV Desa Kemang Kecamatan Sanga Desa, Sabtu (5/12/2020).
 
Dikatakannya kedaulatan pangan juga sejalan dengan era Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dicantumkan sebagai salah satu program prioritas dalam Nawacita.
 
"Kalau ingin negara berdaulat pangan, itu harus daerah dulu pangannya berdaulat. Kedaulatan pangan artinya pangan yang kita konsumsi sehari-hari itu dari yang kita tanam sendiri," kata Beni.
 
Untuk itu, ia mengatakan Pemkab Muba mendukung Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan BPEK melalui Program Kemitraan Disektor Urban Farming dari Kemang Farm, untuk memenuhi kebutuhan pangan di Muba khususnya dalam Kecamatan Sanga Desa sendiri.
 
"Ini luar biasa, contoh bagus gerakan hari ini. Dan ini akan di dukung Pemkab Muba," ujarnya.
 
Wabup Muba juga berharap perusahaan-perusahaan yang ada di Muba membantu membina kegiatan tersebut, untuk menangani atau memulihkan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19.
 
"Tolong ini dibangun kemitraannya, agar kegiatan pertanian tersebut berjalan lancar, dengan memperhatikan pendistribusian dan pemasaran produksinya," imbuh Beni.
 
Ketua Kemang Farm Rozali mengatakan urban farming adalah konsep pertanian perkotaan, dengan sistem menggunakan media tanam air (hidroponik), dan merupakan salah satu cara yang mudah untuk masyarakat dalam bertani.
 
"Program ini inisiasi langsung dari Pak Wakil Bupati Muba. Kebun urban farming yang kita buka hari ini insyaallah yang terbesar di Muba dan insyaallah bebas pestisida, dengan menghasilkan sayuran segar sebanyak tiga ton per bulan," ungkapnya.
 
Lanjut Rozali, pihaknya juga membuka kesempatan untuk masyarakat umum, maupun instansi dan perusahaan yang tertarik untuk bertani dengan sistem hidroponik.
 
"Akan kita ajari dari awal, kita bimbing sampai panen, dan juga digaransi pasca panen, artinya seluruh hasil penennya akan kita beli," kata Rozali.
 
Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kedepan Kemang Farm akan ada banyak lagi program yang dibangun, diantaranya sektor perikanan, peternakan, UMKM, dan koperasi.
 
"Harapan kami BPEK Muba bisa menjadi simpul utama dari seluruh kegiatan ekonomi berbasis masyarakat," pungkasnya.
 
Dalam kegiatan yang turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Beni Hernedi selaku Ketua BPEK Muba, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Muba Thamrin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri, dan Kades Kemang Edison itu, dilanjutkan dengan peninjauan kebun hidroponik Kemang Farm.
KALDERANEWS -  Guru memiliki peranan penting dalam menciptakan bibit-bibit unggul di masa depan. Tugas guru tak hanya sekadar menyampaikan pelajaran untuk dimengerti para siswanya.
Tapi lebih dari itu, seorang guru juga perlu memiliki empati untuk memaksimalkan potensi dalam diri siswa yang diajarnya. Sebab bagaimanapun, selain di rumah anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah.
 
Oleh karena itu Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi berharap guru yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Muba meningkatkan kompetensi diri guna menciptakan generasi yang unggul di era digitalisasi.
 
"Kita yakin kedepan, dengan kualitas guru yang bagus, kita mampu menciptakan generasi-generasi yang unggul," ujar Apriyadi saat menerima audiensi Pengurus Organisasi IGI Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Sekda Muba, Jumat (4/12/2020).
 
Lanjutnya saat ini para guru menghadapi siswa dimana teknologi sudah mengalami kemajuan yang pesat. Dunia digital dan media sudah sangat dekat dengan siswa.
 
"Maka dari itu, guru harus terus berinovasi dalam cara mengajar dan meningkatkan kompetensinya," imbuh Sekda.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Muhammad Ridho mengatakan para pengurus IGI dituntut kedewasaannya, dan etika dalam berorganisasi, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain.
 
"IGI adalah organisasi yang dapat memajukan dunia pendidikan. IGI juga dapat bersinergi dengan PGRI dalam melaksanakan program dan kegiatan yang dijalankan," kata Ridho.
 
Sementara Ketua IGI Muba Resta Julius SPd MSi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk meminta izin pelaksanaan Pelantikan Pengurus IGI Muba pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang di Auditorium Pemkab Muba.
 
"Yang dilantik berjumlah 22 orang, yang berasal dari PNS juga guru honor dalam Kabupaten Muba," tandasnya.
 
KALDERANEWS - Seperti yang sudah diketahui bersama Kabupaten Musi Banyuasin cukup banyak memiliki destinasi wisata baik itu sebagai tempat wisata pendukung maupun permanen. Untuk melakukan pengembangan wilayah terhadap destinasi wisata tersebut,  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bersama dengan  OPD terkait membahas Revisi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) di Ruang Rapat Randik, Selasa (1/12/20). 
 
Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir H Yusman Sriyanto MT mengatakan, untuk laporan akhir dalam Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) di Kabupaten Musi Banyuasin harus bisa menentukan fokus untuk melakukan pengembangan wilayah pada destinasi wisata. Setelah menentukan titik fokus, diiringi dengan kegiatan sosialisasi yang baik agar bisa menimbulkan daya tarik bagi masyarakat dan para wisatawan.
 
"Dari langkah-langkah inilah kita bisa melakukan pengembangan serta kemajuan bagi daerah kita Musi Banyuasin khususnya di bidang pariwisata, Karena nanti akan ada perkembangan dan sektor lain pun ikut terlibat sehingga dapat saling menguntungkan serta menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat,"ucapnya.
 
Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Muba sebagai pendorong untuk pembangunan dan pengembangan kepariwisataan, membuat dua sasaran yaitu ekonomi yang berfungsi sebagai penerimaan devisa, pemerataan pendapatan masyarakat, dan pemerataan lapangan kerja. Kemudian sasaran budaya yang dapat mendorong terpeliharanya kebudayaan di daerah dengan tujuan wisata baik yang bersifat material maupun immaterial, dengan demikian usaha pembangunan kepariwisataan dan kebudayaan terdapat kaitan antar satu dengan yang lain.
 
"Semoga rencana ini bisa dilakukan dengan tepat sasaran, yang dapat berimbas pada perkembangan ekonomi dan budaya yang didalam perkembangan tersebut ada kajian ilmiah,"ucapnya.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muhammad Fariz SSTP MM mengatakan, Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) sebagai tolak ukur dalam pengembangan wilayah wisata untuk itu, Pariwisata di Kabupaten Muba harus dapat dikemas lebih baik lagi, sehingga keuntungan yang dihasilkan dari pariwisata lokal akan memberikan manfaat untuk masyarakat setempat. Hubungan antara pemangku kepentingan, seperti hotel, petani dan nelayan setempat harus mulai dibangun dengan landasan yang kuat.
 
"Dengan terciptanya hubungan yang saling mendukung untuk menjaga destinasi wisata antara semua pihak yang terkait hingga masyarakat setempat, akan menjadi nilai tambah bagi para wisatawan yang datang, Karena melihat ada kekompakan positif yang terjadi di daerah ini. Untuk saat ini yang menjadi titik fokus dalam pengembangan wilayah yaitu pesona dari Danau Ulak Lia,"pungkasnya.
KALDERANEWS - Sebanyak 229 peserta, Selasa (1/12/2020) resmi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Opproom Pemkab Muba. Khidmat dan bahagia begitulah suasana yang tampak pada rangkaian Peresmian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019 di lingkungan Pemkab Muba. 
 
Tak hanya itu, meski undangan peresmian CPNS Formasi 2019 Kabupaten Muba terbatas dan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, Pemkab Muba juga menyediakan fasilitas meeting zoom dengan kapasitas 1.000 peserta bagi keluarga CPNS yang bisa menyaksikan prosesi peresmian CPNS secara online melalui telepon seluler. 
 
"Pemkab Muba telah menuntaskan rangkaian tes CPNS Formasi 2019 dan hari ini resmi dilakukan peresmian bagi 229 CPNS bahkan peresmian ini pertama dilakukan di Indonesia. Pemkab Muba telah sukses melaksanakan rangkaian tes CPNS dan berjalan dengan mandiri," ungkap Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII, Drs Margi Prayitno MAP. 
 
Dikatakan Margi, Pemkab Muba sangat all out dalam persiapan rangkaian pelaksanaan tes CPNS 2019. "Meski pada rangkaian pelaksanaan tes SKB beberapa waktu lalu dihadapkan pada pandemi COVID-19, namun Pemkab Muba sangat siap dan protect dalam upaya meminimalisir penularan wabah COVID-19," terangnya. 
 
Margi menambahkan, bagi peserta yang telah secara resmi mengikuti peresmian CPNS Formasi 2019 agar mengabdi setulus hati demi daerah dan warga Muba. "Saat ini proses NIP sedang diusulkan, dan saya berharap setelah ini jangan minta pindah. Marilah mengabdi untuk Muba," tegasnya. 
 
Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan, CPNS Muba formasi 2019 ini angkatan yang hebat dan ASN milenial untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya. "CPNS Muba Formasi 2019 sangat luar biasa, karena telah berhasil berjuang di tengah wabah COVID-19," ulasnya.
 
Kepala Daerah Inovatif Tahun 2020 ini menambahkan, kepada 229 CPNS Muba harus mengabdi sepenuh hati dan turut andil memberikan kontribusi positif untuk masyarakat Muba. "Saya ucapkan selamat, kalian telah melewati proses yang sangat selektif dan transparan," ucapnya. 
KALDERANEWS - Menciptakan inovasi untuk pembangunan dan kemajuan daerah, membuat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang dikomandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA terus berinovasi sehingga dapat berkontribusi nyata membangun daerah di era digitalisasi.
 
Kali ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinkominfo Muba bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga menggelar Sosialisasi Implementasi Persandian untuk Pengamanan Informasi dan Penerapan Tanda Tangan Digital.
 
Sosialisasi dibuka Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diwakili Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi dan diikuti oleh seluruh OPD serta Camat se-Kabupaten Muba secara virtual, Selasa (24/11/2020) di Ruang Rapat Sekda Muba.
 
Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dilaksanakan karena masih belum maksimalnya keamanan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba, dan tahun 2019 keamanan data di Muba mengalami masalah yaitu di hacker oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
 
Oleh sebab itu, Pemkab Muba melalui Dinkominfo Muba mengadakan sosialisasi tersebut selain untuk meningkatkan kinerja serta menjaga keamanan dokumen dikalangan Pemerintah Kabupaten Muba. Selanjutnya sosialisasi hari ini juga memberikan pengetahuan tentang tanda tangan digital, khususnya kepala OPD.
 
"Di era digital ini faktor kemanan informasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan, karena kinerja tata kelola teknologi informasi dan komunikasi akan terganggu jika informasi sebagai salah satu objek utama mengalami masalah keamanan,"ungkapnya.
 
Dikatakannya penyelenggaraan pemerintahan di era digitalisasi ini mengharuskan kita berinovasi. Inovasi ini dilakukan dalam upaya untuk transparansi, dan efesiensi sumber daya manusia, dan birokrasi layanan publik.
 
"Salah satu bentuk implementasi pengamanan informasi pemerintah adalah penggunaan sertifikat elektronik. Pada tahap awal di Kabupaten Muba direncanakan penggunaan tanda tangan digital (digital signature) melalui e-office," terangnya.
 
Sudah ada Perangkat Daerah dalam Pemerintahan Kabupaten Muba telah menggunakan tanda tangan digital, yaitu Disdukcapil dan DPMTSP. 
 
Oleh sebab itu, Ia minta kepada Perangkat Daerah yang lain juga dapat menerapkan tanda tangan elektronik terhadap dokumen dokumen untuk pengamanan, kecepatan bekerja dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Apriyadi juga mengharapkan Pemkab Muba dapat menjalin kerjasama dalam pelaksanaan keamanan informasi dengan BSSN dan BSrE. "Jadi kepada semua Organisasi Perangkat daerah Pemkab Muba agar dapat bekerjasama, bahu membahu, mewujudkan keamanan informasi ini sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan komunikasi publik yang transparansi, respon yang cepat dalam pelayanan serta efisiensi sumberdaya dapat lebih ditingkatkan lagi,"pungkasnya.
 
Selanjutnya, pemaparan materi oleh Kasi Pelayanan Sertifikasi Elektronik Balai Sertifikasi Elektronik  (BSrE) BSSN Sandhi Prasetiawan SST MAP,  sebagai narasumber dalam sosialisasi ini, menjelaskan implementasi sertifikat elektronik secara digital singnature aspek keamanan adalah legalitas kemudahan, kecepatan, keutuhan, keaslian, untuk mencegah pemalsuan dan penyangkalan data atau informasi transaksi digital. 
 
"Tanda tangan ini sifatnya sah dan valid. Apabila dokumen yang sudah di tanda tangani secara digital, tidak akan bisa di palsukan. Apabila dipalsukan akan muncul pemberitahuan bahwa dokumen invalid,” ujar Sandi
 
Begitu juga Narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Aris Munanda SST mengatakan keamanan informasi khususnya ranah siber harus dibangun lebih awal pada tahap awareness dan education setiap pemangku kepentingan didalam Pemerintah, setelah kesadaran dan kemampuan telah terbangun, barulah masuk pada proses/prosedur sampai akhirnya pemanfaatan dan pembangunan teknologi keamanannya.
 
"Hacker saat ini tidak berfikir bagaimana strategi melewati keamanan firewal, IDS atau IPS tetapi bagaimana memanfaatkan social engineering dalam memasuki sistem", jelasnya.
 
 
 
KALDERANEWS - Meski masih dihadapkan pada pandemi COVID-19, namun Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengajak seluruh elemen dan warga masyarakat Muba untuk tetap kreatif dan inovatif yang tentunya selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. 
 
"Dengan telah dilantiknya kepengurusan Ikatan Keluarga Keban Air Itam (IKKA) Periode 2020-2025 ini saya mengajak seluruh pengurus untuk selalu mematuhi prokes COVID-19 dan juga mensosialisasikannya ke masyarakat," ujar Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA saat menghadiri Pelantikan Kepengurusan Ikatan Keluarga Keban Air Itam (IKKA) Periode 2020-2025 di Palembang, Minggu (22/11/2020). 
 
Menurutnya, seluruh elemen organisasi di Muba mempunyai tanggung jawab untuk mensosialisasikan prokes COVID-19 dan mengajak masyarakat di Muba khususnya untuk tetap menjaga kebersihan dan menggunakan masker. 
 
"Ikatan Keluarga Keban Air Itam juga mempunyai peran dan tanggung jawab yang sama, dalam kesempan itu saya ucapkan selamat dengan resmi dilantikan kepengurusan IKKA periode 2020-2025 semoga selalu bisa bersinergi dengan Pemkab Muba," tuturnya. 
 
Sementara itu, Ketua IKA Keban-Air Itam (IKKA), Rubi menyebutkan IKA Keban Air Itam berdiri sejak tahun 1987 dan saat ini warga Keban-Air Itam yang berdomisili di Palembang tercatat ada sebanyak 900 lebih Kepala Keluarga.
 
Menurutnya, sosok kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sangat terbuka dan mampu merangkul semua golongan. "Kami berharap pak Bupati Muba terus komitmen memberikan kontribusi kemajuan di Muba," harapnya.
 
Lanjutnya, pengurus IKKA periode 2020-2025 juga akan all out mensosialisasikan prokes COVID-19 dan yang paling penting bersinergi dengan Pemkab Muba guna menjaga dan mempertahankan zero konflik Muba.
 
"Semoga keberadaan pengurus IKKA periode 2020-2025 dapat memberikan kontribusi positif dan andil mewujudkan Muba Maju Berjaya di tahun 2022," tandasnya.
 
 
 
KALDERANEWS - Ribuan kader GP Ansor yang berasal dari kepengurusan PC Ansor se-Sumatera Selatan, Minggu (22/11/2020) berkumpul di Balai Diklat Kabupaten Banyuasin menyambut kedatangan Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA Bupati Musi Banyuasin yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina GP Ansor Sumsel. 
 
Lantunan ayat suci Alquran serta
Shalawat menghantarkan Dodi Reza memasuki gedung Balai Diklat Kabupaten Banyuasin guna menghadiri rangkaian Penutupan Konferwil PW GP Ansor Sumatera Selatan. 
 
"Saat ini saya minta betul agar para kader GP Ansor di Indonesia khususnya di Sumsel untuk tidak mudah terprovokasi, kita jaga kesatuan NKRI ini bersama-sama," tegas Dodi Reza yang juga Mustasyar PWNU Sumsel ini. 
 
Lanjutnya, melalui GP Ansor Sumsel agar kiranya tetap komitmen dan konsisten menjaga zero konflik seperti yang sudah dirintis sejak 10 tahun belakangan.
 
"Zero konflik di Sumsel ini harus terus dipertahankan, GP Ansor dituntut untuk terus andil mempertahankannya," ucap Cucu Noerdin Pandji tersebut. 
 
Dalam kesempatan itu, mantan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumsel dua periode ini membeberkan bahwa dirinya pada Oktober lalu bertemu Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas guna melaporkan kesiapan Kabupaten Musi Banyuasin menjadi tuan rumah Kongres Ansor Nasional tahun 2021. 
 
"Insya Allah Muba siap lahir batin menjadi tuan rumah kongres Ansor Nasional 2021, mohon doanya selalu dari semuanya untuk kelancaran dan kesuksesan acara tersebut," bebernya.
 
Dijelaskan Dodi, dalam rangkaian Kongres Nasional GP Ansor nantinya juga akan melaksanakan pemilihan Ketua Umum PP Ansor. 
 
"Akan diikuti peserta PC Ansor seluruh Indonesia jumlah 416 Kabupaten dan masa yang akan hadir kurang lebih 5.000 peserta," terangnya. 
 
Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Sumsel Ahmad Zarkasih SHI MM mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Pembina GP Ansor Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang tak henti-hentinya membina dan memberikan support yang maksimal kader GP Ansor di Sumsel.
 
"Beliau (Dodi Reza, baca) tidak hanya sosok yang mengayomi kader GP Ansor dan seluruh elemen pemuda di Sumsel, namun juga sosok Kepala Daerah di Sumsel yang visioner dan kaya akan program inovasi," ucapnya. 
 
Zarkasih mengaku, GP Ansor di Sumsel akan selalu berusaha menjadi Ansor yang Sami'na Wa Atho'na. "Insya Allah GP Ansor dan PC Ansor se-Sumsel bisa selalu turut andil menjaga zero konflik di Sumsel," pungkasnya
Halaman 1 dari 54

mgid3

Ad Sidebar

Latest Tweets

Feby Deru Dampingi Iriana Jokowi Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tes IVA Hingga Temui Pengrajin Songket… https://t.co/yxjLiPEQUl
Kunjungi Stan Dekranasda Sumsel, Iriana Jokowi Janji Temui Pengrajin Kain di Palembang https://t.co/6FQb5LcCCy via @tripplesworld
Menang Tipis Atas PSGC Ciamis, Sriwijaya FC Makin Kokoh di Puncak Klasemen https://t.co/V0DFFAlQDG lewat @tripplesworld
Metzelder Diduga Terlibat Kasus Pornografi Anak https://t.co/knEQDSYopZ lewat @tripplesworld
Icardi Tuntut Inter Milan Bayar Kompensasi 1,5 Juta Euro https://t.co/IZVf4wvhGn lewat @tripplesworld
Napoli Boyong Fernando Llorente dari Tottenham https://t.co/FnVARyGvqx
Follow Kaldera News on Twitter