KALDERANEWS - Inter Milan berhasil menaklukkan tuan rumah Fiorentina dalam ajang Serie A. Winger Inter Ivan Perisic puas dengan kemenangan timnya.

Inter menghadapi Fiorentina pada laga pekan ke-21 Serie A. Laga di Artemio Franchi tersebut dimenangkan Nerazzurri dengan skor 2-0.

Nerazzurri tidak didampingi Antonio Conte yang menjalani skorsing. Meski begitu, mereka bisa mencetak dua gol melalui Nicolo Barella dan Ivan Perisic.

Kemenangan atas Fiorentina membuat Inter naik ke puncak klasemen sementara Serie A. Romelu Lukaku dan kolega menggeser AC Milan.

Nerazzurri sekarang mengantongi poin 47 dari 21 pertandingan. Mereka unggul satu angka dari Milan yang baru melakoni 20 pertandingan.

KALDERANEWS - Ekonomi syariah diprediksi bakal menjadi satu dari tiga kekuatan ekonomi baru tingkat nasional dan regional selain pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan digitalisasi perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Hari Widodo mengatakan Indonesia berada di peringkat empat ekonomi dan keuangan syariah global. Dibawah Malaysia di urutan pertama disusul oleh Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu sektor ekonomi syariah lainnya seperti wisata halal, kosmetik dan produk kecantikan, obat dan kesehatan, fesyen dan zakat juga sangat besar sekali potensinya.

Semua potensi besar ekonomi syariah ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi syariah di tanah air. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi pangsa pasar industri syariah saja padahal potensinya sangat besar.

"Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah bagi ekonomi syariah jangan cuma sebagai sasaran industri ekonomi syariah saja," ujar Hari Widodo saat menjadi narasumber Webinar "Proyeksi 2021, Menakar Kekuatan Ekonomi Syariah di Sumsel" yang digelar oleh Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) Palembang, Kamis (21/1/2021).

Sementara itu, Kepala OJK Kantor Regional VII Sumatera Bagaian Selatan, Untung Nugroho mengakui besar sekali potensi ekonomi syariah di Sumsel dan Indonesia secara umum juga global. Kekuatan ekonomi syariah Indonesia kini semakin kuat dengan mergernya tiga bank syariah menjadi Bank Syariah Indonesia dengan total aset yang lebih besar.

Besarnya potensi ini juga memiliki hambatan yakni pertama masih rendahnya market share di tingkat Sumsel hanya enam persen atau lebih kecil dibanding market share nasional.

Kedua, literasi keuangan syariah juga masih rendah yakni indeks literasi 8,9 persen dan inklusi syariah sebesar 9,1 persen. Sementara itu indeks literasi dan inklusi nasional sebesar 38 dan 76 persen.

Ketiga, produk syariah masih terbatas dibanding produk perbankan konvensional, ke empat, adopsi teknologi belum memadai dibanding bank konvensional dan kelima pemenuhan SDM belum optimal.

OJK memiliki kebijakan pengembangan keuangan syariah dengan memperkuat dukungan infrastruktur dan pembiayaan dari hulu dan hilir, mendorong lembaga jasa keuangan untuk membangun kawasan industri halal dan mendukung inisiatif bank wakaf mikro.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumsel, Achmad Syamsuddin mengatakan ada tujuh disrupsi ekonomi syariah yakni bonus demografi, pertumbuhan kelas menengah, urbanisasi, pembangunan infrastruktur, dana desa, teknologi digital dan saling ketergantungan global.

Ketujuh faktor tersebut ikut mempengaruhi perekonomian syariah. Syamsyudin memberikan contoh misalnya saja potensi wakaf di tanah air sangat besar yang mencapai Rp 72 triliun. Potensi zakat yang besar ini bisa dimanfatakan dengan menggandeng fintech ramah zakat karena pemanfaatan teknologi digital saat ini sudah semakin mudah.

"Hambatan masih rendahnya literasi dan inklusi keuangan syariah perlu ditingkatkan untuk membangkitkan potensi ekonomi syariah," ujar Achmad Syamsudin.

KALDERANEWS - Di masa pandemi Covid-19, menerapkan protokol kesehatan (Prokes) menjadi hal wajib. Untuk itu Prokes bisa diterapkan mulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Indah Rizky Ariani atau dikenal dengan sebutan Indah Mujyaer yang merupakan selebgram di Palembang. Ia selalu menerapkan Prokes dimulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar.

"Di rumah dan beserta keluarga besar saya sangat mematuhi protokol kesehatan, dalam hal ini khususnya adalah 3M," kata Indah yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Kemuning

Indah mengatakan, bahwa anak-anaknya juga diberikan edukasi tentang betapa pentingnya cuci tangan dan memakai masker. Bahkan jika mereka ikut keluar ke Indomaret atau Alfamart, meskipun cuma sebentar sebisa mungkin setalah sampai rumah mandi dan berganti pakaian.

"Saya menerapkan Prokes dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja untuk kebutuhan khusus misalnya dalam rangka iklan produk atau visit kunjungan saat foto dan video buka masker dulu, kalau sudah pakai lagi," kata Indah yang memiliki follower sebanyak 81 ribu lebih.

Sebagai Ketua TP PKK dan Selebgram, Indah juga aktif mengedukasi masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk menerapkan Prokes. Tak jarang ia juga membagi-bagikan masker untuk warga dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

"Kebetulan saya adalah aktivis sosial yang selalu bergerak untuk membantu banyak masyarakat yang membutuhkan. Secara berkala, saya selalu terjun ke beberapa wilayah untuk memberikan bantuan. Konsen utamanya adalah mereka yang berkebutuhan khusus, apalagi mereka yang tetap berusaha keras untuk mencari uang tidak dengan meminta minta," ungkapnya.

Untuk itulah, ia selalu menyiapkan masker kain didalam mobil dalam jumlah cukup banyak yang sampai saat ini pun selalu ready dibawa kemana-mana. Bahkan baru beberapa hari lalu ia memesan masker sebanyak 2000 pcs, untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Saya selalu memberikan masker kepada mereka sambil mengedukasi betapa pentingnya pemakaian masker di kala pandemi saat ini. Termasuk juga mengingatkan untuk mengganti maskernya 4 jam sekali dan mengedukasi menggunakan masker yang benar," Kata Indah yang juga sebagai pengusaha.

Bahkan ia tidak sungkan untuk stop di pinggir-pinggir jalan ketika melihat orang-orang yang berkesusahan, misalnya penjual koran dan lain-lain, jika mereka tidak memakai masker diberikannya masker secara gratis. Dengan tak lupa tetap sembari memberikan edukasi singkat tentang Prokes.

"Saya senang membantu orang-orang yang tidak meminta minta. Mereka berjuang dengan kerja keras, tapi tidak dengan menghinakan diri. Saya sangat senang dengan keuletan mereka mengejar rezeki tanpa meminta-minta," katanya.

Masih kata Indah, bahwa sudah sepatutnya percaya bahwa rezeki itu Allah yang punya kekuasaan untuk mengaturnya. Jadi tidak akan sampai mati karena kelaparan kalau mau berusaha.

"Jika orang yang berkebutuhan khusus saja tidak menghinakan diri mereka dengan meminta minta, lalu kenapa kita yang memiliki tubuh lengkap malas sekali untuk berusaha?. Ini saya lakukan untuk memberikan teguran pada orang-orang yang malas, apalagi kalau kerjanya hanya meminta-minta dari orang lain," cetusnya.

Menurutnya, dengan membantu orang-orang yang berkebutuhan khusus membuatnya selalu bersyukur atas kesempurnaan yang Allah titipkan. Banyak pelajaran yang saya justru dapatkan dari mereka yang diberikan kesabaran luar biasa dalam hidup.

"Untuk membantu orang lain yang membutuhkan, saya tidak pandang bulu. Saya tidak hanya membantu orang-orang muslim saja, beberapa waktu lalu saya menjenguk orang yang kerja nya adalah sebagai penjaga gereja. Bagi saya membantu itu tidak pandang bulu," katanya.

KALDERANEWS - Terletak di  Jl. Soekarno-Hatta, TalangKelapa, Kota Palembang, ResidensialTamansariSwarnamenerapkankonsepdesaintradisionalkedalambangunan masa kini.

Kali ini kita akan mengupas perpaduan elegant antara kebudayaan local dipadukan lekuk modern dalam design rumah Tamansari Swarna, pengembangan PT WIKA Realty. Sekejap melihat tampilan depan (Facade) Taman sari Swarna juga terlihat unik.

Atapnya, diadaptasidariataplimas, masing-masingsisiatapdibuatdengankemiringan yang berbeda-beda di setiap sisinya sehingga terlihat tidak monoton. Sudut kemiringan yang dibentuk sedemikian rupa juga memberikan fungsi memperlancar aliran air hujan.

Cocok digunakan di daerahtropis yang mempunyai curah hujan tinggi. Material atap juga menggunakan bahan aspalt (bitumen) yang membuat tampilan bercorak warna abu ke coklatan seperti warna batu.

Di lain sisi, atap bitumen juga mempunyai kualitas yang baik sehingga tidak mudah bocor. Mata kita turun hendak memasuki rumah, sejenak memandangi pintu utama rumah ini yang seperti hendak menyambut rombongan kerajaan.

Pintu gerbang rumah yang di desain khusus untuk penghuni rumah di Tamansari Swarna adalah pintu bercorak kayu setinggi 2,8 meter, berukir motif songket rebung.

Sengaja ditampilkan kontras dengan cat warna putih yang modern pada tembok rumah, untuk menonjolkan pintu utama berukir motif songket rebung yang adalah symbol kebanggaan (Prestige) dan keharmonisan masyarakat Palembang dengan lingkungan alam.

Bila bagian luarrumah, padupa dan budaya local terasa dinamis, maka sisi modern pengembangan residensial rumah minimalis modern terasa di dalamrumah. Lantai menggunakan Homogenous Tile (granit) berwarna abu-abu.

Memberikan kesan batu alam nan teduh ketika beranjak masuk. Rumah Tamansari Swarna  Residence yang bertipe Town house 2 (dua) lantai juga memilki bukaan-bukaan  jendela yang tinggi & lebar, sehingga pandangan mata kita akan lebih leluasa dan menghilangkan kesan sempit.

Selain itu bukaan yang lebar dan tinggi ini juga membuat sirkulasi udara di dalam rumah terasa lebih sejuk. Penghunidapatlebihmenghematpenggunaanpendinginruangan. design luardandalam yang menarik di Tamansari Swarna ini merupakan satu paket lengkap dengan grand design lingkungannya yang asri. Meski masih dalam tahap pengembangan, developer PT WIKA Realty, serius mempersiapkan segala kenyamanan calon penghuni residensialnya, termasuk saat ini telah dibentuk area taman yang dapat digunakan sebagai rest area bagi komunitas pesepeda yang lewat Jl. Soekarno-Hatta, ataupun aktifitas-aktifitas luar ruangan lainnya.

“Kami turut senang meramaikan kegiatan-kegiatan menyehatkan di Kota Palembang dengan menyediakan area taman kami yang dapat digunakan untuk masyarakat umum,” ujar Erianca selaku GM Tamansari Swarna Residence.

Lebihlanjut, disampaikanoleh GM TamansariSwarna, Erianca, konsep pengembangan Tamansari Swarna sengaja dibentuk dengan memperhatikan kebutuhandan kesinambungan dengan alam.

 Lingkungan dengan area hijau dan vegetasi yang indah disiapkan diatas lahan seluas 20.000 m2.  Sementara untuk memaksimalkan penyerapan air hujan, jalan utama dibuat dari paving block, jogging track terbuat dari grass block, estetika lingkungan juga dilengkapi dengan underground canal dan kabel sehingga lingkungan tertata, rapi dan bersih.

Sejak diperkenalkan kepada masyarakat Palembang, Residensial Tamansari Swarna yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta, TalangKelapa, Kota Palembang telah mengalami kemajuan pesat dalam perapihan dan pembangunannya.

Pada Master Plan atau rencana utama pembangunan residensial ini direncanakanakan dibangun diatas lahan seluas 20 Ha, denganlahan hijau yang sangat luas yaitu 20.000 m2.

Dilengkapi didalamnya dengan area komersial seperti Shop House (Ruko) dan food court. Tamansari Swarna yang artinyaEmas dalam Bahasa Sansekerta dikembangkan memang untuk menjadi hunian yang bernilai tinggi bagi penghuninya, baik secara ekonomi dengan peningkatan capital gain dimasa depan seiring dengan pembangunan di Kawasan tersebut, juga value for money atas fasilitas yang didapatkan dengan memiliki residensial Tamansari Swarna.

Hal ini tercermin dari fasilitas yang dipersiapkan pengembang, seperti Club House dengan swimming pool lengkap dengan gym, Tempat ibadah yang didesain terdapat area yang dapat difungsikan untuk area serbaguna, seperti acara pernikahan.

Keluarga barud engan anak juga dimanjakan dengan playground aktif dengan banyak pilihan dan open green space yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, juga jogging track dan pedestrian.

Fasilitasini terbilang lengkap dan mencukupi semua kebutuhan baik anda yang single, berkeluarga hingga menikmati masa pension dilingkungan yang tenang dan sehat.

Kebutuhan keluarga juga didukung dengan commercial area dan ruko di area Swarna terrace. Tentunya itu semua terlindungi dengan keamanan 24 jam yang diawasi CCTV dansecurity guard.

Tidak sampai disitu, lokasinya yang berda di Jl. Soekarno-Hatta, TalangKelapa, merupakan hunian dengan multi akses. 15 menit menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport, 5 menit menuju stasiun LRT Asrama Haji, rumahs akit Siloam dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin, 20 menit kepusatperbelanjaan Palembang Icon Mall dan Palembang Indah Mall dan pastinya sarana Pendidikans eperti Palm Kids Primary School dan Universitas Sriwijaya Palembang, 15 menit menuju rencana kantor pemprov kremasan & pintu tol Palindra.

 

 

KALDERANEWS - Acer meluncurkan jajaran lengkap laptop tipis dan desktop all-in-one ke Indonesia, yang semakin powerful dengan peningkatan performa hingga 20% didukung teknologi prosesor terbaru dari Intel. Momen ini sekaligus menjadikan Acer sebagai brand teknologi pertama yang meluncurkan jajaran lengkap perangkat dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan grafis diskrit dari Intel.

Rangkaian laptop & desktop terbaru Acer dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan masa kini yang semakin beragam. Untuk pelanggan dengan beragam aktivitas mobile mereka, Acer menghadirkan Swift 5 Antimicrobial, Swift 3 Infinity 3 & Swift 3 Air 3 yang tersertifikasi platform premium Evo dari Intel. Jajaran laptop tipis ini memiliki daya tahan baterai panjang hingga 17 jam, fitur fast charging dan dukungan Iris Xe.

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan, untuk para pelanggan yang menginginkan perangkat higienis, Acer menghadirkan Swift 5 Antimicrobial dengan teknologi antimicrobial dari Acer. Content creator yang perlu berkreasi on-the-go dapat memilih Swift 3x, laptop tipis pertama di Indonesia dengan Intel Iris Xe MAX dedicated graphics, laptop tipis dengan performa grafis powerful setara laptop gaming.

“Untuk pelanggan dengan kebutuhan komputasi sehari-hari seperti misalnya sekolah daring atau WFH, Acer menghadirkan Aspire 5 Slim dalam desain yang lebih tipis dengan elevated hinged design dan komputasi visual lebih baik. Laptop ini memiliki penerimaan koneksi yang lebih baik (360 coverage) berkat Exo Amp Antenna,” jelasnya.

Bagi para pelanggan yang lebih menyukai workstation simple, Acer menghadirkan lini desktop all-in-one Aspire C Series perangkat yang berdesain ringkas, layar lebar dan upgradeable. Acer juga meluncurkan laptop yang sangat unik, Porsche Design Acer Book RS, terinspirasi dari keanggunan desain elegan Porsche dengan teknologi dari Acer.

Laptop premium limited edition ini ditawarkan secara eksklusifke pasar Indonesia. "Kami bangga sebagai yang pertama di Indonesia dalam meluncurkan jajaran lengkap laptoptipis dan desktop all-in-one terbaru dengan kekuatan 20% lebih baik, yang merupakan kolaborasi dari inovasi kelas dunia Acer dengan prosesor Intel generasi terbaru. Desain, teknologi, dan inovasi yang ada pada rangkaian produk yang diperkenalkan kali ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin beragam, sekaligus menawarkan solusi yang tepat untuk masing-masing kebutuhan yang berbeda tersebut,”ujarnya.

Ia mengatakan, Intel meluncurkan prosesor Intel® Core ™ Generasi ke-11 dengan grafis Intel® Iris® Xe, prosesor terbaik di dunia untuk laptop tipis dan ringan, memungkinkan performa hingga 2,7 kali lebih cepat untuk content creation, meningkatkan produktivitas kantor hingga lebih dari20%, dan pengalaman bermain game dan streaming lebih cepat hingga dua kali lipatdalam dunia nyata melalui produk yang bernilai kompetitif. Peningkatan performa ini memungkinkan pelanggan untuk berkreasi dan memenuhi produktivitas sehari-haridengan perangkat yang dapat diandalkan.

Theresia Hanydawati, Head of Consumers Products Acer Indonesia menuturkan, “Beda pelanggan beda pula kebutuhannya. Inilah yang menginspirasi Acer untuk menghadirkan rangkaian produk baru dengan jaminan performa kelas Intel dan fitur khas masing-masing. Seperti melalui Swift 3X yang mampu sajikan performa grafis sekelas laptop gaming dengan Intel® Iris® Xe MAX pertama di Indonesia, Swift 5 Antimicrobial yang unggul dengan lapisan antimikroba dan daya tahan baterai panjang hingga 17 jam, serta laptop hasil kerja sama kami dengan brand ternama dunia, Porsche Design Acer Book RS yang menggabungkan titik tertinggi kemewahan dan performa.

KALDERANEWS- Ratusan pengurus dan Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) periode 2020-2025 dari 10 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Minggu (6/12/2020) malam secara resmi dilantik secara langsung oleh Ketua Umum KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang. 
 
Adapun pengurus dan Ketua KADIN 10 Kabupaten/Kota periode 2020-2025 yang dilantik yakni diantaranya dari Lubuklinggau, Banyuasin, OKU, Mura, Palembang, Muba, Empat Lawang, Prabumulih, OKU Selatan, dan Muaraenim. 
 
"Selamat mengemban amanah baru kepada pengurus dan Ketua KADIN di periode 2020-2025," ucap Ketua Umum KADIN Sumsel, Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. 
 
Bupati Muba ini menambahkan, meski masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 namun usai pelantikan ini pengurus KADIN di Sumsel harus tetap maksimal dan optimal memberikan kontribusi positif kepada warga dan masyarakat di Sumsel. 
 
"Dalam kesempatan ini pula saya mengajak seluruh pengurus KADIN Kabupaten/Kota di Sumsel untuk maksimal turut andil memulihkan perekonomian di Sumsel di masa pandemi COVID-19 saat ini," ujar Peraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif di Indonesia tersebut. 
 
Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi KADIN Sumsel, H Affandi Udji menyebutkan saat ini terdata ada sebanyak 2 ribu lebih anggota yang tergabung dalam KADIN di Sumatera Selatan.
 
"Anggota KADIN di Sumsel ini terus bertambah, terlebih semenjak 5 tahun belakangan ini dibawah kepemimpinan Ketua Umum KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA," ungkapnya.
 
Lanjutnya, 10 perwakilan pengurus KADIN Kabupaten/Kota yang dilantik ini juga akan menjadi peserta Musyawarah Provinsi (Muprov) KADIN Sumsel ke-VII yang akan dilaksanakan Senin 7 Desember 2020. 
 
"Kita berharap agar pelaksanaan Muprov KADIN ke-VII nantinya berjalan lancar dan KADIN Sumsel dapat kembali dipimpin oleh sosok yang pemimpin cerdas dan nyata membawa kemajuan KADIN Sumsel," tandasnya. 
 
Turut hadir dalam rangkaian Pelantikan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan Periode 2020-2025 yakni diantaranya Anggota DPRD Sumsel Fatra Radezayansyah, Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Plt Kadispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MM, dan Plt Kabag Protokol Muba Rangga Perdana Putera SSTP MSi.
KALDERANEWS - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H.Nasrun Umar menghadiri Puncak Acara Hari Ulang Tahun ke-21 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumsel, di Gedung Wanita Seiwijaya Rajawali, Senin (7/12). Di usianya yang demikian itu, Sekda Sumsel berharap peran DWP semakin matang mendampingi ASN serta berkontribusi nyata bagi pembangunan menuju Sumsel Maju untuk Semua.
 
"Usia 21 itu artinya DWP sudah cukup dewasa. Makanya pesan Saya DWP harus semakin dewasa dan matang mengemban tugasnya sebagai pendamping ASN. Selain itu teruslah berperan aktif  mengaktualisasikan diri memberikan kontribusi untuk kemajuan Sumsel," ujarnya.
 
Meski di tengah pandemi, Nasrun menghimbau agar DWP tetap aktif berkiprah terlebih saat ini sudah ada Pergub 37 Tahun 2020 yang dapat dijadikan acuan dalam beraktivitas.  Gubernur mengeluarkan Pergub 37 Tahun 2020 adalah kebijakan yang sangat tepat agar dapat mengantisipasi kehidupan new normal. Masyarakat menurutnya tidak boleh takut tapi dengan virus ini namun harus tetap waspada. 
 
" Karena itu silahkan lakukan program-program DWP tentunya dengan mematuhi regulasi Protokol Kesehatan. Rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan pakai masker. Kita pakai masker itu bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga menyelamatkan orang lain," terangnya.
 
Sementara itu, Ketua DWP Provinsi Sumsel Hj. Renny Nasrun Umar memaparkan menginjak usianya yang ke 21, DWP diibaratkan seperti seorang wanita muda cantik smart dan memiliki potensi besar. Sehingga diharapkan DWP dapat mengembangkan dirinya menjadi pendamping setia ASN dalam memajukan organisasi dan mendukung pemerintahan.
 
"Setelah Munas 2019 lalu, Ketua DWP Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengajak semua bangkit dengan ide baru agar anggota DWP menyesuaikan diri di era digital dalam meningkat perekonomian keluarga," jelas Renny.
 
Lebih jauh dikatakannya, tahun 2020 merupakan tahun yang penuh perjuangan dimana semua orang di seluruh dunia harus melawan virus yang kejam. Untuk itu DWP kata Renny, harus dapat menyesuaikan diri akan dampak Covid 19, dan aktif melakukan pencegahan dengan menerapkan 3 M. yakni Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan rajin memakai masker. 
 
Dalam berbagai kegiatan jelas Renny, DWP Sumsel terus berupaya aktif berpartisipasi mengimbangi kegiatan DWP Pusat diantaranya mengikuti webinar-webinar nasional yang sangat edukatif. Juga melakukan berbagai program peningkatan ekonomi keluarga seperti bermitra dengan UMKM, melakukan program hidroponik hingga memelihara lele dalam ember dan eco printing.
 
Bahkan DWP juga ikut bakti sosial korban kebakaran, juga membantu masyarakat yang terdampak covid. Termasuk melakukan penanaman bibit pohon di aliran sungai dan lainnya.
 
"Semangat ini tetap kami hidupkan dengan melaksanakan program kerja rutin, melakukan konsolidasi kabupaten dan kota dan DWP di lingkungan OPD," jelasnya.
 
Adapun tema HUT kali ini adalah Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan Keluarga Indonesia.
 
Dalam kesempatan tersebut hadir juga Penasehat DWP Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia HD, mewakili Ikatri DPRD Sumsel, Samantha Tivani Yasser B.Bus Ketua Persit KCK Daerah II Sriwijaya Shinta Agus Suhardi, dan Ketua DWP Kabupaten/Kota se Sumsel.
 
KALDERANEWS - Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi menghimbau kepada masyarakat agar lebih menggali lagi potensi-potensi yang ada di Bumi Serasan dalam konteks ketahanan pangan, menuju Muba berdaulat pangan.
 
Hal ini disampaikan Wabup Muba pada acara Lauching Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) Muba melalui Program Kemitraan Disektor Urban Farming
dari Kemang Farm, di Dusun IV Desa Kemang Kecamatan Sanga Desa, Sabtu (5/12/2020).
 
Dikatakannya kedaulatan pangan juga sejalan dengan era Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dicantumkan sebagai salah satu program prioritas dalam Nawacita.
 
"Kalau ingin negara berdaulat pangan, itu harus daerah dulu pangannya berdaulat. Kedaulatan pangan artinya pangan yang kita konsumsi sehari-hari itu dari yang kita tanam sendiri," kata Beni.
 
Untuk itu, ia mengatakan Pemkab Muba mendukung Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan BPEK melalui Program Kemitraan Disektor Urban Farming dari Kemang Farm, untuk memenuhi kebutuhan pangan di Muba khususnya dalam Kecamatan Sanga Desa sendiri.
 
"Ini luar biasa, contoh bagus gerakan hari ini. Dan ini akan di dukung Pemkab Muba," ujarnya.
 
Wabup Muba juga berharap perusahaan-perusahaan yang ada di Muba membantu membina kegiatan tersebut, untuk menangani atau memulihkan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19.
 
"Tolong ini dibangun kemitraannya, agar kegiatan pertanian tersebut berjalan lancar, dengan memperhatikan pendistribusian dan pemasaran produksinya," imbuh Beni.
 
Ketua Kemang Farm Rozali mengatakan urban farming adalah konsep pertanian perkotaan, dengan sistem menggunakan media tanam air (hidroponik), dan merupakan salah satu cara yang mudah untuk masyarakat dalam bertani.
 
"Program ini inisiasi langsung dari Pak Wakil Bupati Muba. Kebun urban farming yang kita buka hari ini insyaallah yang terbesar di Muba dan insyaallah bebas pestisida, dengan menghasilkan sayuran segar sebanyak tiga ton per bulan," ungkapnya.
 
Lanjut Rozali, pihaknya juga membuka kesempatan untuk masyarakat umum, maupun instansi dan perusahaan yang tertarik untuk bertani dengan sistem hidroponik.
 
"Akan kita ajari dari awal, kita bimbing sampai panen, dan juga digaransi pasca panen, artinya seluruh hasil penennya akan kita beli," kata Rozali.
 
Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kedepan Kemang Farm akan ada banyak lagi program yang dibangun, diantaranya sektor perikanan, peternakan, UMKM, dan koperasi.
 
"Harapan kami BPEK Muba bisa menjadi simpul utama dari seluruh kegiatan ekonomi berbasis masyarakat," pungkasnya.
 
Dalam kegiatan yang turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Beni Hernedi selaku Ketua BPEK Muba, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Muba Thamrin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri, dan Kades Kemang Edison itu, dilanjutkan dengan peninjauan kebun hidroponik Kemang Farm.
 
KALDERANEWS - Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H. Mawardi Yahya menegasakan, di bawah kepemimpinan Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY),  keduanya  akan  menuntaskan masalah yang terkait dengan infrastruktur di Sumsel. Hal itu diungkapkannya saat menerima audiensi Ketua Pemuda Panca Marga Sumsel, Gerry Iskandar, di ruang kerjanya, Jumat (04/12/2020).
 
"Tekad kami dalam kurun waktu 2 tahun HDMY akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur di Sumsel. Ini kami awali dengan pembangunan kantor Gubernur Sumsel di Jalan Mayjen. Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, Palembang, juga pembangunan masjid raya Sriwijaya di Jakabaring,” kata Mawardi 
 
Menurutnya pembangunan infratruktur tersebut tetap sejalan  demi tercapainya Sumsel Maju untuk Semua. Bukan saja  urusan infrastruktur jalan dan jembatan namun juga termasuk diantaranya  terkait dengan  pembangunan kantor Gubernur di Kertapati dan masjid Raya Sriwijaya di Jakabaring dan pengerjaan pembangunan jembatan Musi 6 pun segera akan dirampungkan.
 
"Kami tak ingin ada proyek yang mangkrak di bawah kepemimpinan HDMY,” tambahnya.
 
Bukan hannya itu lanjut Mawardi, pembangunan ruas jalan yang menghubungkan kabupaten/kota di Sumsel juga terus  dikebut sesuasi dengan visi misi HDMY mewujudkan jalan mulus bagi masyarakat Sumsel. Untuk mengawal  jalannya pembangunan di Sumsel. Dia berharap ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk diantaranya peran aktif dari Pemuda Panca Marga.
 
"Saatnya Pemuda Panca Marga Sumsel berkontribusi untuk kemajuan Sumsel. Kawal pembangunan yang kami lakukan. Berikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan itu. Pembangunan kantor Gubernur yang kini telah dimulai bukanlah tanpa alasan. Nah Pemuda Panca Marga dapat ambil alih dengan meluruskan hal ini,”  harapnya.
 
 
Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Panca Marga Sumsel, Gerry Iskandar  kepada Wagub Mawardi Yahya menjelaskan hasil Musda Pemuda Panca Marga yang telah dilaksanakan awal November lalu dengan struktur kepengurusan yang baru. Termasuk memaparkan program kerja  yang akan dijalankan  lima tahun kedepan.
 
"Kita juga akan isi dengan kegiatan bakti sosial termasuk  ziarah ke taman makam pahlawan, dan anjangsana ke para veteran,” katannya.
 
Lebih lanjut, di kesempatan itu Gerry menyampaikan permohonan agar Gubernur Sumsel bersedia melantik kepengurusan Pemuda Panca Marga Sumsel yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 Januari 2021.
 
“Iya, tentu saja kami akan ikut aktif mengawal pembangunan demi kemajuan Sumsel, untuk itu kita mengharapkan kehadiran pak Gubernur pada saat pelantikan kepengurusan nantinya,” katanya.
KALDERANEWS -  Guru memiliki peranan penting dalam menciptakan bibit-bibit unggul di masa depan. Tugas guru tak hanya sekadar menyampaikan pelajaran untuk dimengerti para siswanya.
Tapi lebih dari itu, seorang guru juga perlu memiliki empati untuk memaksimalkan potensi dalam diri siswa yang diajarnya. Sebab bagaimanapun, selain di rumah anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah.
 
Oleh karena itu Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi berharap guru yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Muba meningkatkan kompetensi diri guna menciptakan generasi yang unggul di era digitalisasi.
 
"Kita yakin kedepan, dengan kualitas guru yang bagus, kita mampu menciptakan generasi-generasi yang unggul," ujar Apriyadi saat menerima audiensi Pengurus Organisasi IGI Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Sekda Muba, Jumat (4/12/2020).
 
Lanjutnya saat ini para guru menghadapi siswa dimana teknologi sudah mengalami kemajuan yang pesat. Dunia digital dan media sudah sangat dekat dengan siswa.
 
"Maka dari itu, guru harus terus berinovasi dalam cara mengajar dan meningkatkan kompetensinya," imbuh Sekda.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Muhammad Ridho mengatakan para pengurus IGI dituntut kedewasaannya, dan etika dalam berorganisasi, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain.
 
"IGI adalah organisasi yang dapat memajukan dunia pendidikan. IGI juga dapat bersinergi dengan PGRI dalam melaksanakan program dan kegiatan yang dijalankan," kata Ridho.
 
Sementara Ketua IGI Muba Resta Julius SPd MSi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk meminta izin pelaksanaan Pelantikan Pengurus IGI Muba pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang di Auditorium Pemkab Muba.
 
"Yang dilantik berjumlah 22 orang, yang berasal dari PNS juga guru honor dalam Kabupaten Muba," tandasnya.
Halaman 1 dari 96

mgid3

Ad Sidebar

Latest Tweets

Feby Deru Dampingi Iriana Jokowi Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tes IVA Hingga Temui Pengrajin Songket… https://t.co/yxjLiPEQUl
Kunjungi Stan Dekranasda Sumsel, Iriana Jokowi Janji Temui Pengrajin Kain di Palembang https://t.co/6FQb5LcCCy via @tripplesworld
Menang Tipis Atas PSGC Ciamis, Sriwijaya FC Makin Kokoh di Puncak Klasemen https://t.co/V0DFFAlQDG lewat @tripplesworld
Metzelder Diduga Terlibat Kasus Pornografi Anak https://t.co/knEQDSYopZ lewat @tripplesworld
Icardi Tuntut Inter Milan Bayar Kompensasi 1,5 Juta Euro https://t.co/IZVf4wvhGn lewat @tripplesworld
Napoli Boyong Fernando Llorente dari Tottenham https://t.co/FnVARyGvqx
Follow Kaldera News on Twitter