Jenis - Jenis Lensa Kacamata

teknologi kini membuat usia muda memungkinkan lebih banyak mengalami rabun jauh, dikarenakan intensitas mata yang berdekatan dan diulang secara terus menerus dengan komputer, laptop, atau saat bermain games dan menonton televisi.

Maka tak heran, koleksi kacamata minus semakin beragam baik dari frame maupun merek lensa yang akan dipakai. Tahukah kamu jenis-jenis lensa kacamata yang umumnya digunakan? Berikut penjelasannya!

 

  1. Single Vision Lens ( Lensa Tunggal)

Dinamakan lensa tunggal karena hanya memiliki satu titik fokus. Lensa tunggal digunakan untuk kacamata miopi (minus = rabun jauh) ataupun hipermetropi (positif = rabun dekat), atau astigmatisma (penglihatan yang berbayang atau silindris). Single Vision bermakna bahwa hanya dapat memperbaiki penglihatan untuk satu ukuran saja yaitu jarak jauh atau jarak dekat.

  1. Bifocal Lens (Lensa Bifokal)

Bi berarti dua, sehingga lensa bifokal memiliki dua titik fokus. Dipergunakan untuk membantu penglihatan mata tua atau dikenal dengan presbiopi. Hal ini berarti membuat penggunanya dapat melihat jarak dekat dan jarak jauh lebih jelas secara bersamaan, berbeda dengan lensa tunggal yang hanya satu ukuran saja. Satu titik fokus bagian bawah biasanya diperuntukan dalam memperjelas kegiatan membaca atau untuk rabun dekat, sedangkan bagian atas untuk melihat benda pada jarak jauh atau rabun jauh.

  1. Progressive Lens (Lensa Progresif)

Lensa ini juga memiliki dua titik fokus, bedanya lensa progresif tidak memiliki jarak atau garis pembatas pada titik fokus untuk melihat jarak jauh dan titik fokus untuk melihat jarak dekat. Selain itu lensa ini dilengkapi dengan titik fokus yang berkemampun untuk melihat jarak sedang sehingga lebih nyaman. Lensa Progresif bisa dibilang lensa trifokal.

  1. Transitions Lens (Lensa Transisi)

Lensa transisi memiliki keunikan berupa mampu berubah warna layaknya pelangi yang terbentuk karena sifat cahaya yang terpolarisasi. Dalam ruangan kacamata ini akan bening layaknya kacamata baca, namun jika berada di luar ruangan maka akan menjadi gelap seperti sunglasses, yang memberikan perlindungan mata dari sinar ultraviolet (UV). Kacamata ini cocok digunakan baik di dalam ruangan atau yang sering beraktivitas di luar ruangan dan bagi pengguna yang memiliki riwayat sensitif terhadap cahaya matahari.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Feby Deru Dampingi Iriana Jokowi Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tes IVA Hingga Temui Pengrajin Songket… https://t.co/yxjLiPEQUl
Kunjungi Stan Dekranasda Sumsel, Iriana Jokowi Janji Temui Pengrajin Kain di Palembang https://t.co/6FQb5LcCCy via @tripplesworld
Menang Tipis Atas PSGC Ciamis, Sriwijaya FC Makin Kokoh di Puncak Klasemen https://t.co/V0DFFAlQDG lewat @tripplesworld
Metzelder Diduga Terlibat Kasus Pornografi Anak https://t.co/knEQDSYopZ lewat @tripplesworld
Icardi Tuntut Inter Milan Bayar Kompensasi 1,5 Juta Euro https://t.co/IZVf4wvhGn lewat @tripplesworld
Napoli Boyong Fernando Llorente dari Tottenham https://t.co/FnVARyGvqx
Follow Kaldera News on Twitter

Post Gallery

Bertahap Berkesinambungan Kini Jalan Keluang Muba Laik Dilalui

Operasi Bibir Sumbing Gratis,  Puluhan Warga Sumsel Ucapkan Terima Kasih ke Bupati DRA

Dodi Reza Wujudkan Visi Besar Muba di Sektor Migas

Muba Menuju Satu Data

Muba Perdana Kucurkan Dana untuk TP PKK Desa

Tercepat Pembentukan TP2DD, Bank Indonesia Apresiasi Muba

Bersama ADPMET, Dodi Reza Sampaikan Misi Mulia EBT di Muba

Pemkab Muba Dukung Penuh Program ETLE dan Zero ODOL

Kades di Muba Dituntut Jaga Keharmonisan Desa

Please publish modules in offcanvas position.