SPONSOR DAERAH

Stok Sembako Aman, Jangan Lakukan Aksi Borong

KALDERANEWS - Guna memastikan kebutuhan pangan masyarakat Sumsel aman selama pandemi Covid-19, juga menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah, Gubernur Sumsel H.Herman Deru melakukan inspeksi ke sejumlah titik, Selasa (14/4) siang. Sasarannya adalah Gudang Bulog Divre Sumsel, Pelabuhan bongkar muat barang Boombaru dan juga Bandara Sultan Mahmud (SMB) 2 Palembang. 

 

Di Gudang Bulog Divre Sumsel di Jalan Perintis Kemerdekaan, HD didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Perdagangan Sumsel mengecek stok beras, gula, terigu sampai daging beku. Juga melihat paket-paket promo Ramadan yang disediakan Bulog untuk masyarakat mulai tanggal 14 April 2020.

 

" Tidak perlu khawatir, diam saja di rumah Bulog akan amankan pangan kita. Ini Saya sudah cek langsung, beras minyak goreng, terigu, gula bahkan daging stoknya cukup," kata mantan bupati termuda yang berhasil meraih Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI tahun 2009 tersebut.

 

Menurut Gubernur, Ia sengaja melakukan pengecekan ini agar masyarakat Sumsel tenang menyambut datangnya bulan puasa yang tinggal 10 hari lagi. Dengan demikian masyarakat yang tengah menjalani masa-masa "di rumah aja" tidak panik dan memborong bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan puasa.

 

"Masyarakat saya minta jangan lakukan aksi borong karena aksi borong ini akan menular ke hal lainnya. Bahkan memicu kenaikan harga. Saya pastikan ini aman. Bukan hanya saat wabah Covid saja tapi sampai Lebaran juga aman," ujarnya.

 

Dalam kesempatan itu HD juga menghimbau agar masyarakat yang ingin memberi bantuan pada masyarakat terdampak Covid tidak perlu repot lagi menyediakan paket. Karena saat ini Bulog sudah menyediakan paket promo berisi sembako dengan harga variatif mulai Rp51.500 hingga Rp100.500 melalui Promo Paket Ramadan.

 

" Kalau mau nyumbang gak usah repot lagi. Bisa pesan ke Bulog paketnya ada macam-macam mulai Rp50.100. Lengkap ada beras, gula, minyak dan terigu," jelas HD.

 

Bantuan semacam ini kata HD sangat dibutuhkan karena wabah Covid-19 membuat sejumlah masyarakat terdampak mulai dari hilangnya pekerjaan dan waktu keluar rumah yang menjadi terbatas.

 

"Jadi untuk saudara-saudara yang punya kemampuan boleh datang untuk berikan perhatian ke saudara-saudara kita yang membutuhkan," tambahnya.

 

Selain memastikan kebutuhan pangan tersebut, Ia juga mengecek  pelabuhan Boombaru untuk untuk melihat aktivitas ekspor impor terus berjalan seperti biasa meski ada pandemi Covid. Seperti misalnya ekspor batubara ke Malaysia, China juga India.

 

" Alhamdulillah kegiatan rutin ekspor impor komoditi kita tidak mandek. Seperti sawit, batubara semua masih jalan. Bukan penurunan ya paling ada keterlambatan karena jika ada lockdown kapal jadi sulit bersandar sulit. Seperti batubara di Malaysia," tambahnya.

 

Selain itu kedatangannya tersebut juga guna memastikan kondisi komoditas andalan dan ekspor khususnya pangan dan hasil bumi serta hasil perkebunan Sumsel. Begitu juga impor yang berkaitan dengan bahan baku pupuk untuk petani.

 

" Jadi petani tetap bisa bekerja memelihara kebun dengan pemupukan yang tidak terganggu. Saya datang memastikan ini agar sinergi antara cegah Covid-19 dan perekonomian tetap berjalan baik," jelasnya.

 

Di tempat ini Gubernur juga membagikan sejumlah paket sembako pada puluhan buruh yang sedang bekerja di sekitar lokasi. Saat meninjau HD tampak didampingi Manager IPC Pelindo II,  Bea Cukai Palembang, Lanal, KKP dan Kadishub.

 

Setelah ke Bulog dan Pelabuhan, HD didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perdagangan melanjutkan pengecekan penumpang di Bandara SMB 2 Palembang.

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Rabu, 15 April 2020 07:07

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Feby Deru Dampingi Iriana Jokowi Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tes IVA Hingga Temui Pengrajin Songket… https://t.co/yxjLiPEQUl
Kunjungi Stan Dekranasda Sumsel, Iriana Jokowi Janji Temui Pengrajin Kain di Palembang https://t.co/6FQb5LcCCy via @tripplesworld
Menang Tipis Atas PSGC Ciamis, Sriwijaya FC Makin Kokoh di Puncak Klasemen https://t.co/V0DFFAlQDG lewat @tripplesworld
Metzelder Diduga Terlibat Kasus Pornografi Anak https://t.co/knEQDSYopZ lewat @tripplesworld
Icardi Tuntut Inter Milan Bayar Kompensasi 1,5 Juta Euro https://t.co/IZVf4wvhGn lewat @tripplesworld
Napoli Boyong Fernando Llorente dari Tottenham https://t.co/FnVARyGvqx
Follow Kaldera News on Twitter

Post Gallery

Tingkatkan PAD, BPPRD Muba Gelar Sosialisasi Dan Pasang Tapping Box Bagi Pelaku Usaha

Bupati Dodi Reza Banjiri Warga Sanga Desa Dengan Bantuan

DRA Lantik Pejabat di Tiga RSUD dalam Kabupaten Muba

Tiga Tahun Berturut Bupati Dodi Reza dan Pemkab Muba Dinobatkan Terpopuler di Media

Muba Komitmen Wujudkan Keamanan Informasi Data

Jadi Percontohan Pengelolaan ZIS, Pansus VI DPRD Bangka Belajar ke Muba

Dodi Reza Percepat Operasional Bandara Pangeran Abdul Hamid

Pemkab Muba Lakukan Percepatan Bentuk e-Katalog Lokal

HD Ingatkan HIPMI  Jangan Jadi Organisasi Kalangan Tertentu